Thursday, 29 June 2017
   

Statistik

Anggota: 33086
Berita: 128
Pranala: 3
Pengunjung: 4294166
.
Relasi dan Kerjasama PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Thursday, 18 October 2007
Terutama sejak lima tahun terakhir, relasi dan kerjasama Percik dengan berbagai mitra telah berkembang dengan pesat. Relasi tersebut antara lain dengan :
 

1. Relasi dengan berbagai pusat studi

Melalui penyelenggaraan seminar internasional tahunan di bidang politik lokal, telah terjalin jaringan antar para pemerhati dan peneliti di bidang politik lokal dari berbagai pusat studi di dalam maupun luar negeri.
Kerjasama dengan berbagai pusat studi juga terbina melalui kerjasama di bidang penelitian. Beberapa diantaranya adalah kerjasama dengan P3PK Gajah Mada, kantor Menteri Riset dan Teknologi, Universitas Melbourne, dan Free University di Amsterdam.
Sejak tahun 2000 Universitas Twente di Negeri Belanda mengirimkan beberapa mahasiswanya untuk berada 6 bulan di Percik dalam rangka kuliah kerja atau penulisan tesis mereka. Bersama-sama dengan Free University di Negeri Belanda, beberapa universitas dari Vietnam, Thailand, Singapore, Malaysia, dan Indonesia, Percik ikut mengembangkan jaringan studi Asia Tenggara. Jaringan ini semakin memperoleh bentuknya melalui penyelenggaraan seminar dan konferensi pada akhir Maret 2005 yang lalu.
Selain kerjasama di bidang penelitian, kerjasama dengan Free University di Amsterdam mengambil bentuk kesediaan Universitas tersebut mendukung program studi lanjut staf Percik. Empat orang staf Percik memperoleh dukungan pendanaan dari Free University untuk melanjutkan studi S2 mereka di beberapa Universitas di Indonesia.
Mulai awal Januari 2006 Percik telah melakukan kerjasama dengan program Sourth East Asia - ANU (Australian National University), yaitu menerima mahasiswa dari universitas tersebut untuk melakukan Practical Assigment (KKN) di Percik. Pada tahun 2006 sudah ada dua mahasiswa dari ANU yang melakukan Practical Assigment, dan akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.
 

2. Relasi dengan berbagai kelompok dan organisasi keagamaan

Relasi dengan berbagai kelompok keagamanaan, khususnya di tingkat lokal, terbina melalui kerjasama di bidang advokasi. Relasi dengan Matakin terbina dangan baik melalui keikutsertaan Percik dalam memperjuangkan pengakuan terhadap Kong Hoe Tjoe sebagai agama resmi di Indonesia. Relasi dan kerjasama dengan organisasi gereja-gereja di Indonesia, dengan pesantren, organisasi Islam, Hindu dan Budha terjalin melalui kerjasama dalam mengembangkan forum-forum dialog pada tingkat lokal dan dalam penyelenggaraan program bersama untuk kepentingan umum (antara lain misalnya program besama dalam pengentasan kemiskinan, program pengembangan wacana pluralisme, demokrasi, dan pendidikan kewarganegaraan).

 

3. Relasi dengan berbagai LSM di tingkat lokal, profinsial, nasional

Relasi Percik dengan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat terbentuk melalui keikutsertaan dalam beberapa jaringan lembaga atau organisasi swadaya masyarakat baik di tingkat lokal, regional maupun nasional. Beberapa jaringan itu antara lain adalah:
(a) Kelompok Indonesia bagi Penanggulangan Kemiskinan Struktural (KIKIS).
(b) Forum Pengembangan Partisipasi Masayarakat (FPPM).
(c) Forum Partisipasi Pembaharuan Desa (FPPD)
(d) Kaukus 17 ++.
(e) Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR)

 

4. Relasi dengan berbagai lembaga donor

Relasi dengan The Ford Foundation terjalin sejak tahun 1999. The Ford Foundation telah memberikan dukungan pendanaan antar lain bagi pengembangkan Pusat Penelitian Politik Lokal (P2PL). Dukungan dana tersebut memungkinkan Percik melakukan kegiatan penelitian, mengorganisir seminar tahunan dinamika politik lokal, menyelenggarakan pelatihan penelitian bagi peneliti pemula dari beberapa daerah di luar Jawa. The Ford Foundation juga telah memfasilitasi keikutsertaan staf percik dalam perkunjungan studi ke beberapa negara, yaitu India, Brazilia dan Inggris. Dalam salah satu penyelenggaraan seminar tahunan dinamika politik lokal, selain dari Ford Foundation, Percik memperoleh dukungan pendanaan dari Oxfam Hongkong.
Sejak akhir tahun 1998 the Asia Foundation di Jakarta telah bekerjasama dengan Percik antara lain dalam program-program pemberdayaan pemilih dan pendidikan kewarganegaraan, peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan lokal, dan program peningkatan kinerja kepolisian berbasis masyarakat.
Percik bekerjasama dengan Christian Reformed World Relief Committee dalam melaksanakan program-program pendidikan kewarganegaraan dan peningkatan kapasitas organisasi di lingkungan warga dan lembaga gereja. Sejak awal tahun 2005 kerjasama dengan CRWRC ini juga meliputi program pemulihan Aceh pasca tsunami.
Sejak tahun 2003 Percik telah bekerjasana dengan Uniting Protestant Chuches in the Netherlands untuk pengembangan program-program dialog dan kerjasama lintas Iman di Indonesia dan di Negeri Belanda. Bersama dengan ICCO Gereja-gereja Belanda ini ikut mendukung pelaksanaan program pendidikan pemilih lintas agama di Sumatra Selatan, Sumba dan Jawa Tengah.


 
  
 
.

Publikasi

Polling

Darimana anda mengetahui tentang Percik ?
 
© 2017 kampoeng percik
Joomla! est un logiciel libre distribué sous licence GNU/GPL.