Thursday, 24 August 2017
   

Statistik

Anggota: 33088
Berita: 128
Pranala: 3
Pengunjung: 4316036
Saat ini ada 1 tamu online
.
Unit Penunjang PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Administrator   
Thursday, 18 October 2007

Untuk mendukung kinerja lembaga, Percik mengembangkan unit-unit penunjang yaitu perpustakaan dan dokumentasi dengan koleksi khusus, publikasi, teknologi informasi, dan pengembangan Kampoeng Percik.  

1. Pengembangan Perpustakaan dan Dokumentasi dengan Koleksi Khusus.

Lembaga Percik mengembangkan Perpustakaan dengan koleksi khusus di bidang politik lokal, perkembangan civil society, demokrasi, keadilan sosial, Hak Asasi Manusia, serta praktek-praktek keagamaan lokal.
Hingga saat ini koleksi buku-buku pada perpustakaan telah mencapai lebih dari 3500 judul. Perpustakaan ini selain dimanfaatkan oleh staf Percik untuk mendukung program-programnya, juga dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Para pengguna perpustaan ini sangat bervariasi, meliputi para peneliti, mahasiswa (diantaranya mahasiswa S2 dan S3 yang sedang melakukan penelitian), aktivis LSM, anggota DPRD, tokoh masyarakat, dsb. Hingga saat ini tercatat 722 anggota dari dalam maupun luar Kota Salatiga.
Disamping pengembangan koleksi buku serta penambahan jumlah anggota, bagian perpustakaan sebagai unit penunjang juga memfasilitasi diadakan diskusi bedah buku yang menurut agenda akan dilaksanakan setiap 2 bulan sekali. Untuk bulan Nopember 2006 Perpustakaan telah melakukan diskusi buku: Baptisan Massal Pasca Peristiwa 30 September 1965 (Studi Kasus Perpindahan ke Agama Kristen Pada Tahun-tahun Sesudah 1965 – 1966 di Salatiga dan Sekitarnya).

2. Unit Publikasi

Pustaka Percik sebagai Unit penerbitan telah menerbitkan beberapa publikasi, diantaranya adalah:

Renai: Jurnal Politik Lokal dan Sosisal-Humaniora. Jurnal ini mengutamakan hasil-hasil penelitian dan terbit empat kali setahun.

Telaga: Majalah ini berfungsi sebagai media komunikasi dan pembentukan opini publik di tingkat lokal Salatiga. Sampai dengan saat ini majalah Telaga sudah terbit sebanyak sebelas terbitan.

Deras: Buletin ini berfungsi sebagai sarana komunikasi antar anggota jaringan untuk kegiatan advokasi. Buletin ini terbit berdasarkan isu-isu penting yang sedang berkembang di masyarakat.

Seri monografi: Seri monografi merupakan terbitan sementara dari laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh Percik ataupun artikel lepas.

Prosiding Seminar Tahunan Dinamika Politik Lokal: Presentasi makalah dan diskusi yang berlangsung dalam seminar tahunan dinamika politik lokal diterbitkan dalam bentuk prosiding (rekaman proses).

Buku: Penerbitan buku-buku Percik dilakukan melalui kerjasama Pustaka Percik dengan penerbit umum seperti LKIS dan Pustaka Pelajar. Beberapa buku terbitan Pustaka
Percik antara lain :
- Menghilangkan Sakit Hati Antar Umat yang Lahir Oleh Sejarah
- Desentralisasi dalam Perspektif Lokal
- Yang Pusat dan Yang Lokal
- Konflik dan Kekerasan Pada Aras Lokal
- Civil Society di Aras Lokal
- Demokrasi dan Potret Lokal Pemilu 2004
- 90 Menit Bersama Gus Dur
 

3. Unit Teknologi Informasi

Unit ini dikembangkan untuk memberikan dukungan teknis informatika terhadap berbagai kegiatan Percik yang jangkauannya semakin meluas. Selain pengembangan Web site unit ini bermaksud memberikan dukungan teknis kepada penerbitan journal elektronik Renai, pengembangan program jaringan perpustakaan dan pengolahan data secara elektronik.
Pada bulan Nopember 2006, unit ini telah melakukan pemasangan jaringan LAN di semua komputer milik Percik. Dengan demikian saat ini ada (1) sistem penyimpanan data yang lebih terstruktur, (2) komunikasi data antar komputer, (3) sharing penggunaan printer. Kemudian pada bulan Desember 2006, untuk meningkatkan koneksi internet, Percik berlangganan enam (6) account internet Wave LAN. 

  
Pemutakhiran Terakhir ( Thursday, 18 October 2007 )
 
.

Publikasi

Polling

Darimana anda mengetahui tentang Percik ?
 
© 2017 kampoeng percik
Joomla! est un logiciel libre distribué sous licence GNU/GPL.