Thursday, 19 October 2017
   

Statistik

Anggota: 33098
Berita: 128
Pranala: 3
Pengunjung: 4339006
.
Pradjarta Menapaki Lereng Licin PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Maria Hartiningsih   
Saturday, 13 October 2007

 

Ketika kemarau lewat, yang ditanam bukan padi genjah yang memberi hasil tiap 2,5 sampai tiga bulan, tetapi pari jero, padi lokal yang baru empat-lima bulan bisa dipanen. Itu metafora Pradjarta (62), Kepala Kampoeng Percik di Desa Turusan, Salatiga, Jawa Tengah.

Suara tokek bersahutan ketika kami berbincang beberapa waktu lalu, di beranda kantornya, salah satu dari delapan rumah desa di Kampoeng Percik. Dari bawah terdengar gemercik air anak sungai yang diselimuti rerimbunan perdu dan semak.

Pemutakhiran Terakhir ( Friday, 14 March 2008 )
Selengkapnya...
 
Seminar Internasional ke-8 PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Kutut Suwondo   
Tuesday, 02 October 2007
Rangkuman Hasil Seminar Internasional Ke Delapan Dinamika Politik Lokal Di Indonesia :

“Penataan Daerah (Territorial Reform) dan Dinamikanya”

Wacana tentang penataan daerah sebenarnya sudah ada sejak Jaman Kolonial Belanda. Pada tanggal 23 Juli 1903 undang-undang mengenai desentralisasi pemerintahan Hindia Belanda , yang bernama De Wet Houdende Decentralisatie van Het Bestuur in Nederlands-Indie, berhasil diterima sidang Twee de Kamer dan diundangkan dalam Staatsblad van Het Koninkriijk Der Nederlander tahun 1903 No 219 yang dikenal sebagai Decentralisatie Wet 1903 (Wignjosoebroto, 2004) . Hampir seratus tahun kemudian, dengan munculnya UU No. 22 Tahun 1999, wacana desentralisasi atau penataan daerah, baru mulai ramai diperdebatkan dan diwujudkan kembali oleh masyarakat terutama di luar Jawa.

Pemutakhiran Terakhir ( Saturday, 13 October 2007 )
Selengkapnya...
 
Otonomi Daerah PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Kompas   
Tuesday, 02 October 2007

Kompas, 20 Juli 2007 

Arah Penataan Daerah Belum Jelas 

SALATIGA, KOMPAS - Indonesia memerlukan kejelasan arah yang diusung dalam pelaksanaan penataan daerah, yaitu sanggup berpikir ke dalam dan ke luar. Hal ini disebabkan hingga saat ini, penataan daerah di Indonesia belum menemukan kerangka yang bermuara pada praktik- praktik baru dan mendekati realitas.

Pemutakhiran Terakhir ( Saturday, 13 October 2007 )
Selengkapnya...
 
Suluh Kegelapan PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Maria Hartiningsih   
Monday, 01 October 2007

Kompas, 20 Juli 2007 

Kampoeng Percik didirikan oleh Komunitas Percik: Persemaian Cinta Kemanusiaan, lembaga independen di bidang penelitian sosial, demokrasi, dan keadilan sosial.

Lembaga itu didirikan pada 1 Februari 1996 oleh sekelompok ilmuwan di Salatiga, terdiri dari sejumlah peneliti sosial, pengajar di universitas, serta aktivis di bidang bantuan hukum dan pengorganisasian masyarakat.

Mereka adalah sebagian dari staf akademik sebuah universitas di Salatiga yang dipaksa keluar karena ketidaksesuaian prinsip. Komunitas yang pada masa Orde Baru dituduh sebagai organisasi tanpa bentuk oleh penguasa militer di Jawa Tengah itu terus memperjuangkan proses demokratis di setiap lini kehidupan.

Pemutakhiran Terakhir ( Saturday, 13 October 2007 )
Selengkapnya...
 
Surga Kecil di Kampoeng Percik PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Maria Hartiningsih   
Monday, 01 October 2007

Kompas, 20 Juli 2007

SALATIGA, KOMPAS -- Bulan seiris timbul-tenggelam di antara pohon-pohon sengon yang menjulang. Awan berarak di antara dedaunan. Hujan baru saja jatuh. Sisa tetesannya di rumput terlihat gemerlapan dalam keremangan.

Suasana malam di Kampoeng Percik, di Dukuh Turusan, Salatiga, itu menghalau lelah seharian. Tak ada tempat bagi keributan di pikiran, ketika seluruh labirin rasa dipenuhi keheningan. Suara daun jatuh pun terasa seperti getaran nada yang melayang di udara, dan saya ingin menangkapnya. Ting..! 

Pemutakhiran Terakhir ( Saturday, 13 October 2007 )
Selengkapnya...
 
.

Publikasi

Polling

Darimana anda mengetahui tentang Percik ?
 
© 2017 kampoeng percik
Joomla! est un logiciel libre distribué sous licence GNU/GPL.